PROBLEMATIKA MENDINAMISASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN: KASUS DI MI AL-MUALLAFAH NANGA TUMPU MANGGELEWA DOMPU

  • muhasir muhasir STAI AL-AMIN DOMPU
  • Supriaman Supriaman STAI Al Amin Dompu

Abstract

Di Saat ini manajemen pendidikan di sekolah/madrasah masih minim proses implementasinya dilapangan, sehingga pada saat ini perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan atau problem baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, pada lembaga pendidikan yang ada di MI Al-Muallafah Desa Nanga Tumpu Kecamatana Manggelewa Kabupaten  Dompu, mengalami masalah pada peningkatan mutu pendidikan di madrasah, karena pihak madrasah belum mampu mendinamisasi partisipasi  masyakarat  yang ada di lingkungan Pondok Pesantren dan MI Al-Muallafah agar  ada  rasa  kepedulian  dalam  mengembangkan  dan  memajukan madrasah.  Padahal  dengan  adanya  konsep dan teori manajemen dalam peran serta masyarakat  diharapkan  kualitas,  akuntabilitas, relevansi  program-program  pada dunia pendidikan  yang  didesain  dan  diselenggarakan  oleh  madrasah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sekolah Islam/Madrasah  sangat  dekat  dengan  budaya  pesantren, mengutamakan modelling atau uswatun hasanah contoh yang baik yang selayaknya diikuti oleh komunitasnya,  menekankan  pentingnya  budaya  cultural  resistence  sehingga  melahirkan  sikap mandiri  tanpa  tergantung  dengan  institusi  lain  dan  mempunyai  budaya  keilmuan  yang  tinggi dibuktikan  dengan  jumlah  mata  pelajaran  yang  harus  dikuasai  murid  dalam  jumlah  banyak. Keunikan tersebut tumbuh dan berkembang sejalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di mana  madrasah  tersebut  berada.  Karena  pada  umumnya  madrasah  lahir  dan berkembang karena kebutuhan masyarakat pembentuknya. Secara  filosofis  lahirnya  konsep  community  based  education  (CBE),  menuntut  struktur manajemen  pendidikan  yang  harus  disesuaikan  dengan  keikutsertaan  masyarakat  secara  aktif. Model penerapan manajemen pendidikan berbasis masyarakat di Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren Al-Muallafan Manggelewa ini, memberikan kontribusi kepada masyarakat, untuk lebih efektif ikut serta dalam merumuskan manajemen yang ada di madrasah dan pesantrenya, sehingga bias mewujudkan madrasah yang unggul dan transparan.

References

Abid ,Nur "Problem Pengelolaan Madrasah Aliyah dan Solusinya" Jurnal Islamica Vol. 4, No. 2, Maret 2010.
Azizah ,Nurul, “Karisma Kiai Dalam Membentuk Karakter Santri,” Tesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2017.
Creswell ,John, Edisi Kelima, Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015.
Diat Prasojo Lantip,Dkk, Manajemen Strategi Human Capital Dalam Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press, 2017
Dwiningrum ,Siti Irene Astuti, Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Ja'far, "Problematika pendidikan Pondok Pesantren di Era Globalisasi" Jurnal Evaluasi. Vol. 2, No. 1, Maret P-ISSN 2580-3387 E-ISSN 2615-2886, (2018).
Jihad ,Nur, Manajemen Partisipasi Masyarakat dalam Program pendidikan Islam, Tesis : Uin Malang, 2010.
Junaedi ,Mahfud & Khaeruddin, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Implementasi di Madrasah, Semarang : RaSail, 2009.
Khaliqa ,Abdul, "Manajemen Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Pada Mts Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin” Jurnal Transformatif (Islamic Sudies) Volume 1, April (2017).
Mas'ud ,Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Yogyakarta : Gama Media, 2002.
Mulyana ,Dedy, Metodologi penelitian Kualitatis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Patton , Michael Quinn, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
Purnama, Basuki Jaka , Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah “Jurnal Manajemen Pendidikan” Vol. 12 No. 2 Oktober 2016, 20.09.
Samsuri, “Transformasi Gagasan Masyarakat Kewargaan (civil society) Melalui Reformasi Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia (studi Pengembangan Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah Era Reformasi)” Disertasi, UPI Bandung, 2010.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2016.
Suryadi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi, Bandung : Sarana Panca Karya Nusa, 2009.
Suryosubroto, Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta, 2012.
Sutrisno ,Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana, 2009.
Syukur ,Fatah, “Model Manajemen Madrasah Aliyah Efektif” (Studi Pada Tiga Madrasah Aliyah di Kudus), Available online at Inferensi Website: http://inferensi.iainsalatiga.ac.id Vol. 9, No. 2, Desember 2015 Diakses 29 September 2018 Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.467-490.
Tilaar ,H.A.R., Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Jakarta : Tera Indonesia, 2009.
Tim Pengembangan Ilmu pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan bagian 1 : Ilmu Pendidikan Teoritis, Bandung : Imtima : Imperial Bhakti Utama, 2007.
Yadin, Sarif, Defenisi Paradigma, "Jurnal Manajemen " Nomor : 21-November 2004, diakses 05 November 2017, 19.55.
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2006.
Published
2021-08-20
How to Cite
muhasir, muhasir, & Supriaman, S. (2021). PROBLEMATIKA MENDINAMISASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN: KASUS DI MI AL-MUALLAFAH NANGA TUMPU MANGGELEWA DOMPU. NUANSA, 10(1), 97-108. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/99