PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TUMBUH KEMBANGKAN KEBANGSAAN

  • Mujiono Sang Putra STKIP Al Amin Dompu
  • Yeni Rahmawati STAI Al Amin Dompu
Keywords: Pendidikan Multikultural, Tumbuh Kembangkan Kebangsaan

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang berkaitan dengan berbagai keanekaragaman budaya. Pendidikan multikultural merupakan pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai demokratis yang mendorong berkembangnya pluralisme budaya. Pendidikan multikultural merupakan sebuah komitmen untuk meraih persamaan pendidikan, mengembangkan kurikulum yang menumbuhkan pemahaman tentang kelompok-kelompok etnik dan memberangus praktek-praktek penindasan.Pendidikan multikultural dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman kultural, hak-hak asasi manusia serta pengurangan atau penghapusan jenis prasangka atau prejudice untuk suatu kehidupan masyarakat yang adil dan maju. Pendidikan multikultural juga dapat dijadikan instrument strategis untuk mengembangkan kesadaran atas kebanggaan seseorang terhadap bangsanya. Melalui pendidikan multikultural, kita dapat memberi kesempatan yang sama kepada seluruh siswa tanpa memandang status sosiol ekonomi, gender; orientasi seksual, ataupun latar belakang etnis, ras, maupun budaya. Untuk mendapatkan hasil penelitian, penelitian ini dilakukan melalui studi literatur atau kepustkaan. Studi pustakan adalah serangkain kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Penelitian kepustakaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengolah data yang berkaitan dengan pendidikan multikultural dalam tumbuh kembangkan kebangsaan.

References

Brannen, dkk. Biculturals as Natural Bridges for Intercultural Communication and Collaboration. Doi, 2009.
Chiu, C and Hong, Y. cultural Competence: Dynamic Processec. American Psychological Association, 2015.
Douglas and Wildavsky. 1982. Risk and Cultural. Berkeley, CA: Uviversity of California Press.
Dovidio, dkk. Ommonality and The Complexity “We” : Social Attitudes and Social change. Pers Soc Psychol Rev 2009, 3-20.
E.H.Schein. How Can Organization Learn Faster? The Problem Of Entering The Green Room. 2012.
Hidayatullah Al Arifin, Akhmad. Journal The Implementation of Multiculturral Education in The Education Practies in Indonesion. Volume 1 No. 1 Juni 2012.
Imagined Contact Intervention. International Journal of Intercultural Relation, Hal 1-8.
Lily A. Arasaratnam and Smita C. Banerjee. Sensation Seeking and Intercultural Communication Competence: A Model Test. Internationan journal of Intercultural Relation. Volume 35, Issue 2 March 2011, Pages 226-233.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: CV. Pustaka Setia.
Martha S Fieldman and James G March. Information in Organization as Signal and Symbol. Journal Administrative Quarterly Volume 26 No 2 (Jun 1981), Pages 171-186.
Masayu Furusawa and Chris Brewster. The Be0Cultural Option For Global Talent Management: The Japanese/Brazilian Nikkeljih Example. Juornal Of World Bussiness. Volume 50 issue January 2015 Pages 133-143.
Rustam Ibrahim. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN Vol. 7 No. 1 Februari 2013 Hal 129-154
Saad, dkk. Multiculturalism and Creativity: Effects of Cultural Context bicultural identity, and Ideational Fluency. Journal Social Psychological and Personality Science. Vol 4 No 3, 370-375.
Thomson and Wildavsky. 1990. Polititical Cultures Cultural Theory. Westview Press.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Visintin, E,P dkk. 2017. The Role of Multicultural and Colorblind Ideologies and Typicality in
Warrick, D.D.2017. what Leaders Need to Know About Organization Culture. Bussiness Horizon Hal 395-404.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustkaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Yampolsky, M.A & Amiot, C.E. discrimination and Multicultural Indenty Configurations: The Mediating Role of Stress. international Journal of Intercultural Relation
Published
2021-07-11
How to Cite
Putra, M., & Rahmawati, Y. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TUMBUH KEMBANGKAN KEBANGSAAN. NUANSA, 10(1), 53-60. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/94