PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN BERBASIS TAUHID PADA SISWA

  • Khaerul Khaerul STAI Al Amin Dompu

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menggali dan mendeskripsikan tentang peran guru dalam menanamkan pendidikan yang berbasis tauhid pada siswa. Agar para pendidik dapat memberikan suntikan positif tentang pendidikan khususnya memberikan latihan dan pembelajaran dalam ilmu ketauhidan pada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research),dengan mengumpul data merujuk pada buku, Al-Quran, jurnal ilmiah, dan beserta penelitian terdahulu yang dianggap relevan sebagai sumber data dalam penelitian. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan pendidikan tauhid pada siswa. Adapun hasil dari penelitian, menanamkan pendidikan tauhid terhadap anak sangatlah penting yang harus menjadi sumber perhatian utama bagi guru dan beserta orang tua yang mendukung perkembangan konsep pemahaman dalam memahami ilmu ketuhanan dalam mengesakan Allah, dalam mengajarkan pendidikan yang berbasis tauhid kepada anak harus disertai dengan latihan secara berkesinambungan agar anak terbiasa dalam melaksanakan ibadahnya kepada tuhan yang maha esa, sebagai sumber dasar untuk meminta segala sesuatu

References

Alfrida Dyah Septiyani. 2019. Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Studia Insania. Vol. 7, No. 2 ISSN 2355-1011, e-ISSN 2549-3019
Benny Prasetiya, Sofyan Rofi, Bahar Agus Setiawan. 2018. Penguatan Nilai Ketauhidan Dalam Praksis Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education (JIE) Vol. III No. 1
Falah Nur Yasin. 2014. Urgensi Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga. IAI Tribakti Kediri. Jurnal Volume 25 Nomor 2
Fikri Miftahul. 2019. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan & Peran Standar Operasional Prosedur (SOP). Diterbitkan melalui: www nulisbuku.com
Hambal Muhammad. 2020. Pendidikan Tauhid Dan Urgensinya Bagi Kehidupan Muslim. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam /Vol 9, No 1
https://www.ilmusaudara.com/2015/10/tauhid-rububiyyah-dan-uluhiyyah. Di akses pada tgl 25-09-2020
Lubis Fauzi Rahmad. 2019. Menanamkan Aqidah Dan Tauhid Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Abyadh Volume 2, No 2
Rismawati Fitriyani. 2016. Pendidikan Tauhid Melalui Metode Berpikir Rasional-Argumentatif (telaah Buku “Beyond The Inspiration” Karya felix Siauw). Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIII, No. 2
Setiawan Agus. 2017. Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal EDUCASIA , Vol. 2 No. 1,
Umar Tirtahardja, S.L. La Sulo. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Wahidin Ade. 2014. Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma Wa Sifat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 03
Published
2021-07-11
How to Cite
Khaerul, K. (2021). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN BERBASIS TAUHID PADA SISWA. NUANSA, 10(1), 46-52. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/92