KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE TANYAJAWAB SISWA

  • Mastur Mastur

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung dalam lingkungan tertentu, interaksi ini disebut dengan intraksi pendidikan. Sedangkan pendidikan itu berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya kearah yang positif baik bagi dirinya maupun lingkungannya. Dalam dunia pendidikan potensi dapat diartikan sebagai modal dasar sesuatu yang siap berkembang dan dikembangkan. Potensi itu akan dapat berkembang apabila dikembangkan oleh seorang pendidik. Seandainya manusia tidak memiliki potensi, maka secara otomatis tidak diperlukan adanya pendidik, karena potensi itu merupakan modal dasar sebagai pendidik dalam mengembangkan potensi peserta didik itu sendiri. Dalam melaksanakan Pendidikan Agama Islam, kompetensi dan tugas pendidik sangat penting, karena dia yang bertanggung jawab dan menentukan arah pendidikan tersebut, seorang pendidik harus memiliki nilai lebih (nilai plus) dibandingkan peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat ditemukan bahwa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tidak hanya terbatas pada keadaan sarana dan prasarna tetapi juga kompetensi atau daya saing yang dimiliki oleh guru. Khususnya Guru Pendidikan Agama Islam. Atas dasar pemikiran tersebut maka peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan bagaimana Penerapan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui penerapan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitiatif. Artinya bahwa data yang dihasilkan bersifat deskriftif, dimana peneliti tidak hanya mengumpulkan dan menyusun data,tetapi menganalisis dan menginterpretasiknnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif induktif, yaitu analisis dengan mnguraikan peristiwa-peristiwa atau data-data yang bersifat khusus untuk kemudian menyimpulkan menjadi satu kesimpulan yang umum.  Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh data sebagai berikut, yaitu hasil belajar siswa bidang studi qur’an hadist nilai rata-ratanya adalah 71.63, hasil belajar siswa bidang studi aqidah akhlak nilai rata-ratanya adalah 71.10, kemudian hasil belajar siswa bidang studi fiqih nilai rata-ratanya adalah 75.33, dan nilai hasil belajar bahasa arab dengan rata-rata sebesar 70.78. dengan melihat hasil tersebut dapat kita mengatakan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah cukup memadai untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena hasil yang diperoleh sudah memenuhi standar ketuntasan minimal.

References

Abdul Kodir Munsyi; M. Nasai Hasyim;Mukrim, 1991, Pedoman mengajar bimbingan praktis untuk calon guru, al-Ikhlas, Surabaya.
Abu Ahmadi Try Praseya, 1997. Strategi belajar mengajar, Pustaka Setia, Bandung
Abu Bakar Muhammad, 1991, Pedoman pendidikan dan pengajaran, Usaha Nasional, Surabaya
Ace Suryadi;H.A.R.Tilaar, 1993, Manajemen pendidikan dan pengajaran, Remadja Rosdakarya, Bandung
Anas Sudijono, 1991, Pengantar statistik pendidikan, Rajawali Perss, Jakarta.
Anike Erline Arindawati; Hasbullah Huda, 2004, beberapa alternatif pembelajaran disekolah dasar, Bayumedia Publishing, Malang.
Aruan, D.M. 1991. Pengantar sederhana penelitian pendidikan, departemen pendidikan dan kebudayaan, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Pendekatan Kontekstual, Jakarta
Djaja Djajuri, 1998, Strategi belajar mengajar dan disain instruksional, FIP-IKIP, Bandung
Djoko Subagyo, P.1999, Metode penelitian dalam teori dan praktek, Rineka Cipta, Jakarta
Donald Ary, Lucy Cheser Jacobs; Ashgar Razavieh, tth, Pengantar penelitian dalam pendidikan, usaha nasional, Surabaya.
Eddy Soewardi Kartawidjaja, 1997, Pengukuran dan hasil evaluasi belajar, Sinar Baru, Bandung.
Ibnu Hadjar, 1999, Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan, PT. Rajagrafindo persada, Jakarta
Irawan Soehartono, 2002, Metode Penelitian Sosial, Remadja Rosdakarya, Bandung.
Judi al-Falasany; Fauzan Naif, 1992, Rahasia sukses belajar, Rajawali Perss, Jakarta
Komaruddin,1997, Metode penelitian skripsi dan tesis. Angkasa, Bandung
Ngalim Purwanto M, 1996, Ilmu pendidikan teori dan praktek. Remadja Karya, Bandung
Pasaribu I.L.;B. Simandjuntak ,1996, Didaktik dan metodik, Tarsito, Bandung.
Paul Suparno; R. Rohandi; dkk, 2002, Reformasi pendidikan sebuan rekomendasi, Yogyakarta
Riduwan, 2002, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung
Roestiyah Ny. N.K,1996, Didaktik Metodik, bina aksara, Jakarta
Sanapiah Faisal; Mulyadi Guntur Waseso, 1992, Metodologi penelitian pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya
Slameto, 1995, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Kanisius, Semarang
Suharsimi Arikunto, 1998, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Rineka Cipta, Jakarta
Sukarrumidi, 2002, Metodologi penelitian petunjuk praktis untuk peneliti pemula, gadjah mada Univerity Press, Yogyakarta
Sumadi Suryabrata,1994, Psikologi pendidikan, CV. Rajawali, Jakarta
Sutrisno Hadi, 1990, Statistik Jilid II, yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM, Yogyakarta.
Syaifudin Azwar, 1997, Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran, liberty, Yogyakarta
Syaiful Bahri Djamarah, 2000, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Rineka Cipta, Jakarta.
Uzer Usman, 2001, Menjadi guru profesional, Remadja Rosdakarya, Bandung.
Zainal Arifin, 1998. Evaluasi Instruksional, Remadja Karya, Bandung
Published
2021-07-11
How to Cite
Mastur, M. (2021). KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE TANYAJAWAB SISWA. NUANSA, 10(1), 28-45. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/91