GERAKAN MUHAMMADIYAH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

  • Nurul Fauziah STKIP AL-AMIN DOMPU
Keywords: Gerakan Muhammadiyyah, Pendidikan, Islam, Indonesia

Abstract

Gerakan Muhammadiyah adalaha gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid, bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Implementasi Pendidikan Islam adalah pelaksanakan pendidikan islam yang diterapkan muhammadiyah dalam mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan Islam adalah mempersiapkan masyarakat melalui pemahaman yang diajarkan secara sisteamatis yang mudah dipahami oleh masyarakat agar masyarakat mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia serta keterampilan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pergerakan uhammadiyyah di Indonesia serta implementasi pergerakan Muhammadiyyah pada pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang berjenis penelitian kualitatif yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan sosial pelakunya, penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Muhammadiyah sebagai sebuah persyarikatan telah merumuskan visi dan misi yang sudah jelas, sehingga dapat melahirkan gerakkan yang terarah dan mencapai tujuan serta sasaran yang diinginkan secara bersama. Sebagai sebuah gerakan, dalam perjalanannya Muhammadiyah melaksanakan usaha dan kegiatannya dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat di Indonesia. Usaha dan kegiatan Muhammadiyah dapat dikelompokkan ke dalam empat bidang, yakni:  pertama, bidang Keagamaan, yang meliputi memberikan tuntunan dan pedoman dalam bidang aqidah, ibadah, akhlak dan mu’amalah berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah, mendirikan masjid dan mushalla sebagai tempat sarana ibadah, mencetak kader ulama (fuqaha), menelaah berbagai kajian keislaman dan perkembangan umat Islam, memberi fatwa dan tuntunan dalam bidang Keagamaan dan melakukan dakwah. Kedua, bidang pendidikan, yang meliputi pendidikan yang beroerientasi kepada perpaduan antara sistem pendidikan umum dan sistem pesantren. Ketiga, bidang social kemasyarakatan, yang meliputi kegiatan dalam bentuk amal usaha rumah sakit, rumah bersalin, poliklinik, balai pengobatan, apotik, panti asuhan anak yatim, Keempat, bidang partisipasi politik, di mana Muhammadiyah bukan partai dan underbouw partai politik, akan tetapi sebagai partisipasi politik Muhammadiyah dalam bentuk beramar ma’ruf nahi mungkar dan memberikan panduan etika, moral dan akhlakul karimah terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dan masyarakat

References

Abdullah, 2018, Ilmu Pendidikan Islam, MakassarL Alauddin University Pres
Alqur’an In Word
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Prakti., Jakarta: Rineka Cipta
Azhar, Muhammad,2005. Posmodernisme Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah,
Hadi, Sutrisno, 2014. Metode Research, 2Malang: Banyumedia Publishing.
Lexy J. Moleong, 2018 Metodologi Penelitian kualitatif , Bandung: Rosdakarya.
Mu’ti, Abdul, 2003. Mengembangkan Pendidikan Muhammadiyah Menjadi Amal Shalih Profesional, Yogyakarta: LPTP PP Muhammadiya.
Muhammad Athiyah Al abrosyi, 1975, Konsep Muhammad Athiyah Al abrosyi. Kairo: Isa al-babi al-halabi.
Musthafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban,2000. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Rika Nurfadilah, 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Terhadap Displaced Children (Anak Terlantar). Skripsi: UIN Sunan Ampel Surabaya
Sutarto, Dewi Pernama Sari, Anrial, 2020. Kiprah Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan Dan Sosial Keagamaan Di Nusantara: Kajian Terhadap Pemikiran KH. Ahmad. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5. No 01, 2020; 1-22 p_ISSN 2548-3390; e_ISSN 2548-3404, DOI: 10.2940/belajea.v5available online at:http://journal.staicurup.ac.id/indek.php/belajea
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dan penjelasannya, Yogyakarta: Absolut .
Usman, Husaini 2001, Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Bumi Aksara.
Weinata Sairin, 2008, Gerakan Pembaruan Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka Sinar HarapanYusron, Asrofie,2005 KH. Ahmad Dahlan: Pemikiran dan Kepemimpinannya, Yogyakarta: MPK-SDI PP Muhammadiyah
Published
2021-07-11
How to Cite
Fauziah, N. (2021). GERAKAN MUHAMMADIYAH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. NUANSA, 10(1), 21-27. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/90