PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK TENTANG PENGALAMAN AGAMA DI MI. AL-KAUTSAR RANGGO

  • Firmansyah Firmansyah
Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi, Pengalaman Agama

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, (Field Reseach) dengan metode deskriptif, dengan objek mengambil latar di MI. Al-Kautsar Ranggo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengalaman beragama di lingkungan sekolah pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo mendeskripsikan peranan orang tua dalam memotivasi anak melakukan pengalaman beragama pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo dan mendeskripsikan faktor penghambat orang tua dalam memotivasi anak melakukan pengalaman beragama pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo. Hasil penelitian ini dalam menerapkan pengalaman beragama di lingkungan sekolah pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo cukup baik dan efektif. pengalaman beragama di lingkungan sekolah meliputi simbol-simbol keislaman yakni: pakaian, baik guru maupun murid untuk berbusana muslim, tata ruang, gambar-gambar dan kaligrafi tulisan ayat-ayat Al-Qur’an. Upaya lain dengan pembinaan kehidupan beragama pada siswa adalah penciptaan suasana keagamaan berupa kegiatan membiasakan do’a bersama ketika memulai dan sesudah selesai belajar mengajar, melaksanakan sholat Duha berjama’ah, peringatan hari-hari besar Islam, dan kegiatan semarak bulan Ramadhan. Peranan orang tua dalam memotivasi anak melakukan pengalaman beragama pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo yaitu Memotivasi anak untuk sadar akan kewajiban beragama, Keteladanan Orang Tua, Ajakan Secara Langsung, Teguran  dan Pujian/hadiah. Faktor penghambat orang tua dalam memotivasi anak melakukan pengalaman beragama pada siswa MI. Al-Kautsar Ranggo yaitu Pengetahuan agama yang kurang, Suka melawan, Anak terlalu manja, Keharmonisan keluarga, Waktu bersama keluarga, Pengaruh teman bermain.

References

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an Al- Karim Dan Terjemahannya Kedalam Bahasa Indonesia, Riyadh: Kerajaan Saudi Arabiyah.
Maulana Muhammad Ali, 1980. Islamologi, R Kealam HM Bachrun, Jakarta, PT Iktiar Baru Vanbeur
Zakiyah Drajat,1979. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta, Bulan Bintang.
M .Ali Usman, , 1989. Hadits Qudsi Pola Pengembangan Akhlah Muslim , Bandung, CV Diponegoro.
Woodworth, Psikologi Suatu Pengantar kedalam Ilmu Jiwa ,Jilid III, Jemmarss, Bandung, 1977, hal 39
Singgih Dirganuarsa, 1978. Pengantar Psikologi, Jakarta, Mutiara.
WS Winkel, 1978. Psikologi pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta, PT Gramedia.
M.Ngalim Purwanto, 1992. Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya.
WJS Poerdaminta, 1985. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
Jalaluddin Ramayulis 1987. Pengantar Ilmu Jiwa Agama, Bandung, Kalam Mulia
Robert H Thauless, 1992 Pengantar Psikologi Agama, Jakarta, Rajawali Press.
Soerjono, Soekanto, 1987. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Prees.
Sarjono Arikunto, 1982. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : UI Press.
David Barry, 1984. Pokok-pokokPikiran dalam Sosiologi, Jakarta: CV Rajawali Press
Endang Syaifuddin Ashori , 1984. Kuliah Al Islam, Jakarta, Rajawali
Published
2016-02-29
How to Cite
Firmansyah, F. (2016). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK TENTANG PENGALAMAN AGAMA DI MI. AL-KAUTSAR RANGGO. NUANSA, 4(2), 57-78. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/9