Peran Orang Tua Dalam Proses Mengajar dan Mendidik Anak Di Tengah Pandemi Covid 19 Terhadap Siswa

  • Wildan nuril ahmad fauzi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Peran Orang Tua, Mengajar, Pandemi

Abstract

Peran orang tua sangat penting dalam proses belajar siswa selama sistem daring dan menjadi pengganti guru di rumah dalam membimbing anaknya selama proses pembelajaran. metode dalam tulisan ini menggunakan library research dengan menggunakan pendekatan filosofis. Teknik pengmpulan data yang digunakan dalam artikel adalah dengan teknik dokumentasi yaitu mengumpulan bahan data berupa dari sumber buku-buku yang ada di perpustakaan, artikel-artikel yang berbuhungan dengan tulisan-tulisan terkait dengan penelitian, hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dirumah merupakan upaya dalam mempererat jalinan kekeluargaan antara orang tua dan anak. Peran orang tua bertanggungjawab sebagai motivator. Motivasi dapat diberikan dengan cara orang tua berperan sebagai guru di sekolah. Kegiatan belajar anak yang dilaksanakan dirumah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Dalam hal ini orang tua menjadi sosok guru yang mampu memotivasi anak di rumah. Orang tua menjadi garda terdepan yang mengawal anak-anaknya tetap belajar dirumah masing-masing. Orang tua memiliki tanggung jawab utama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Banyak orang tua menilai bahwa melalui pembelajaran di rumah dapat mempererat hubungannya dengan anaknya, begitupun anaknya dinilai dapat melakukan pembelajaran di rumah dengan sangat baik, sehingga banyak orang tua yang berfikir kreatif mencoba berbagai cara agar anak tidak merasa jenuh saat belajar di rumah, namun banyak juga yang mengungkapkan bahwa lebih baik anak belajar di sekolah, karena banyak anak yang ngeyel, lebih suka bermain dar pada belajar, banyak anak menganggap bahwa di rumah tempatnya bermain, sehingga terdapat beberapa kasus tugas tidak di selesaikan dengan baik. Sehingga dengan adanya kegiatan pembelajaran di rumah dan peran orang tua yang ternyata memiliki manfaat bagi siswa maupun orang tuanya, Kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran daring ini membuat semua sadar akan pentingnya mempelajari teknologi dan menggunakan teknologi secara positif.

References

Ahmad Jaelani, Hamdan Fauzi, Hety Aisah, Q. Y. Z. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). JURNAL IKA :Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 12–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik. Ar-Ruzz Media.
Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. Diambil 29 Januari 2021, dari Institut Agama Islam Negeri Surakarta website: https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf
Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID- 19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
Sofyan, S., Asari, H., & Rasyidin, A. (2019). Islamic Traditional Manuscript in The State Islamic University of North Sumatra. Jurnal Tarbiyah, 26(2). https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.555
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136
Wax, R. S., & Christian, M. D. (2020). Practical recommendations for critical care and anesthesiology teams caring for novel coronavirus (2019-nCoV) patients. Canadian Journal of Anesthesia, 568–576. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s12630-%0A020-01591-x
Published
2021-07-11
How to Cite
ahmad fauzi, W. (2021). Peran Orang Tua Dalam Proses Mengajar dan Mendidik Anak Di Tengah Pandemi Covid 19 Terhadap Siswa. NUANSA, 10(1), 1-6. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/75