EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Abdul Haris
Keywords: Hasil belajar Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran interaktif setting kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII semester Genap di SMP Negeri 4 Manggelewa tahun pelajaran 2013/2014

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) adalah 83,93 dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 72,61. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Dari hasil perhitungan t-test, diperoleh bahwa t-hitung = 6,123 dan t-tabel = 1,99 dengan taraf nyata sebesar 5%. Jika t-hitung > t-tabel, maka Ha diterima artinya penggunaan metode pembelajaran interaktif setting kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII semester Genap di SMP Negeri 4 Manggelewa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan rata-rata nilai akhir penelitian dan perhitungan t-test maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif setting kooperatif berpengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII semester Genap di SMP Negeri 4 Manggelewa.

References

Abdulrrahman, Mulyono, Pendidikan bagi Anak Kesulitan Belajar, Jakarta: Rineke Cita, 1999.
AM, Sardiman., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Yogyakarta: CV. Rajwali, 1990.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineke Cipta, 1997.
Departemen Agama RI, Al-Qur'an Al-Karin dan Terjemahnya, Semarang: TOha Putra, 1996.
Isjoni, H., Pembelajaran Kooperatif , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Mudiastuti, Yuli, Peningkatan Aktifitas Belajar Matematika Melalui
Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK), Surakarta: UMS, 2008.
Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Nasir, Moch., Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
Nasution, S., Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Yogyakarta: Bumi Aksara, 200.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Raihan, & Kadir, Statistik Sosial, Jakarta: Penerbit Universitas Islam, Jakarta: 2006.
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al Misbah volume 3, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Slavin, Robert E., Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusa Media, 2008.
Slihatin, Etin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Sujana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
------------- , Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2002.
Sugiono, Metodologi Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta, 2006.
------------- , Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta, 2003.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2004.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar: 2010.
Suryabrata, Sumadi, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2003.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prenada Group, 2010.
Published
2016-02-29
How to Cite
Haris, A. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. NUANSA, 4(2), 1-26. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/7