MENGKRITISI PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN PEMBAGIAN MODEL KURIKULUM FINNEY (Sebuah Tinjauan Filsafat)

  • F. Widya Kiswara

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia sudah dilakukan berkali-kali sedang
Vinney hanya menggolongkan kurikulum menadi empat macam. Empat
macam penggolongan Vinney didasarkan pada filsafat yang
melatarbelakangi kurikulum itu sendiri. Yang menjadi pertanyaan adalah,
perubahan kurikulum yang berkali-kali di Indonesia apakah berdasar
kajian filsafat tertentu. Makalah ini belumlah menjawab filsafat pendidikan
mana yang cocok untuk Indonesia tetapi makalah ini hanya melihat apakah
ada dasar filsafat yang cukup kuat yang mendasari perubahan kurikulum di
Indonesia. Dari hasil analisa, perubahan kurikulum sudah didasari oleh
filsafat tertentu. Sayangnya ideologi pengajarannya belum sering
dipengaruhi oleh kepentingan sempit tertentu. Makalah ini juga
merekomendasikan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut untuk melihat
hal-hal yang mempengaruhi kurikulum di Indonesia agar bisa mewujudkan
cita-cita bangsa seperti yang tertuang dalam UUD1945.

Published
2012-08-31
How to Cite
Kiswara, F. W. (2012). MENGKRITISI PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN PEMBAGIAN MODEL KURIKULUM FINNEY (Sebuah Tinjauan Filsafat). NUANSA, 1(1), 49-64. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/3