PENDIDIKAN BERBASIS KETAUHIDAN

(Tela’ah Nilai Ketauhidan dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam )

  • Muhammad Amin
Keywords: Pendidikan, Basis, Ketauhidan

Abstract

Pada beberapa dekade terakhir sampai pada abad millennium ini, kita bisa melihat betapa pendidikan di Indonesia seperti “mati suri” akan nilai-nilai yang menjadi budaya bangsa timur yang cenderung untuk mengedepankan nilai-nilai moralitas, etika masyarakat yang berbudi luhur, serta menjunjung tinggi nilai-nilai dari agama (religius) sesuai dengan jati diri dan kepribadian bangsa. Kita bisa melihat pada akhir-akhir ini para generasi muda, khususnya para pelajar yang sedang terjangkiti penyakit “dekadensi moral” seperti kekerasan atau tawuran antar pelajaran, pemerkosaan, hamil diluar nikah, pengunaan obat terlarang, minum-minuman keras, perkelahian dan lain sebagainya seolah-olah sudah menjadi hal yang biasa. Hal inilah menjadikan bangsa Indonesia pada hari ini terasa seperti tercerabut dari akar budaya bangsa sendiri. Hakekat dari sebuah tujuan pendidikan Islam sebenarnya adalah proses sesuatu yang terikat oleh nilai-nilai ketuhanan (teistik) atau ketauhidan. Karena itu, pemaknaan pendidikan merupakan perpaduan antara keunggulan spiritual dengan cultural. Dengan demikian, budaya akan berkembang dengan berlandaskan nilai-nilai agama, yang mana pada gilirannya akan melahirkan hasil cipta, karya, rasa dan karsa manusia yang sadar akan nilai-nilai ilahiah (keimanan-ketauhidan).

References

Al-Turmudzi, Abi Isa Muhammad bin Surah. 2000. al-Jāmi’ al-Shahīh wa Huwa Sunan al-Turmuzī. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Zarnuji, Syaikh Imam Burhanuddin. t.t.. Ta’līm al-Muta’allim Ṭarīq al-Ta’allum. Syarh. Ibrahim bin Isma’il. Surabaya: al-Hidayah.
Arifin, Imron (ed.). 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Ash-Shabuny, Ali. 1999. Safwatu al-Tafāsīr. juz 2. Beyrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
_______. 1999. Safwatu al-Tafāsīr. juz 3. Beyrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah
At-Tuwaanisi, Ali al-Jumbulati Abdul Futuh. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. terj. M. Arifin. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depag RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali Art.
Daradjat, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. 2006. Pedoman Penulisan Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Faqih, Allamah Kamal. 2005. Tafsir Nurul Qur’an: Sebuah Tafsir Sederhana Menuju Cahaya al-Qur’an. terj. Ahsin Muhammad. Jakarta: al-Huda.
Fatchurohmah, Siti. 2006. “Sosok Guru Menurut al-Ghazali dan Zakiah Daradjat”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Gagne, Robert M.. 1988. Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Terj. Abdillah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metode Research I. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 1983. Metodologi Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
_______. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: C.V. Sinar Baru.
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Jalaluddin dan Usman Said. 1996. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al-Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Poerwadarminta, W.J.S.. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remadja Karya.
Quthb, Sayyid. 1992. Tafsir fi Dlilal al-Qur’an: di Bawah Naungan al-Qur’an. jilid 6. terj. As’ad Yasin dkk.. Jakarta: Gema Insani Press.
Rusyan, Tabrani dkk.. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sabri, M. Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasinal. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Santoso, Mudji. 1996. “Hakekat, Peranan, dan Jemis-jenis Penelitian pada Pembangunan Lima Tahun Ke VI”, dalam Imron Arifin (ed.). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Shihab, Muhammad Quraish. 2003. Tafsir al-Mishbah. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati.
_______. 2003. Tafsir al-Mishbah. Vol. 6. Jakarta: Lentera Hati.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soejanto, Agus. 1990. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Bandung: Aksara Baru.
Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.
Sojono dan Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan penerapan. PT. Rineka Cipta.
Sonhaji, Ahmad. 1996. “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif”, dalam Imron Arifin (ed.). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi UI.
_______. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, Fathiyyah Hasan. 1993. Aliran-aliran dalam Pendidikan: Studi tentang Aliran Pendidikan Menurut al-Ghazali. terj. Said Agil Husin Al-Munawar dan Hadri Hasan. Semarang: Dina Utama.
Surjadi, A.. 1989. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Mandar Maju.
Suryabrata, Sumadi. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.
_______. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_______. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Syarkowi, “Reorientasi Pendidikan Islam (ke Arah Aktualisasi Pemikiran Pendidikan al-Ghazali dalam Konteks Masa Kini)”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2005, hlm. 154.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yatim, Badri. 1993. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Zainuddin, M.. 2002. “Aksiologi dalam Perspektif Islam”. eL-HARAKAH: Wacana Kependidikan, Keagamaan, dan Kebudayaan. Edisi 57, Tahun XXII, Desember-Pebruari.
_______. 2004. Karomah Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Published
2016-02-29
How to Cite
Amin, M. (2016). PENDIDIKAN BERBASIS KETAUHIDAN. NUANSA, 4(2), 79-113. Retrieved from http://www.stkip-al-amin-dompu.ac.id/ojs/index.php/nuansa/article/view/10