Jurnal ilmiah adalah sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi akademik yang memuat artikel-artikel yang merupakan produk pemikiran ilmiah secara empiris (artikel hasil penelitian) maupun secara logis (artikel hasil pemikiran) dalam bidang ilmu tertentu. (Gunawan Suryoputra, dkk. 04:2012)

Jurnal ilmiah dianggap sebagai sumber informasi primer atau yang paling penting di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ilmiah berisi kumpulan artikel yang dipublikasikan secara periodik, ditulis oleh para ilmuwan peneliti untuk melaporkan hasil-hasil penelitian terbarunya. Karena itulah, keberadaan jurnal ilmiah merupakan hal yang penting untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan atau artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah, sudah mengalami proses peer-review dan seleksi ketat dari para pakar di bidangnya masing-masing. Proses peer-review ini dijalankan untuk menjamin kualitas dan validitas ilmiah artikel yang dimuat. Beberapa tahun terakhir para pengelola jurnal atau lembaga diarahkan untuk mengembangkan jurnal berbasis elektronik (jurnal elektronik) dan sebisa mungkin untuk meminimalisir penerbitan jurnal cetak.

Dalam mengikuti perkembangan dalam dunia perguruan tinggi, STKIP Al-Amin Dompu juga ikut berpartisipasi dalam pengembangan jurnal ilmiah tersebut, sejak tahun 2012, perguruan tinggi yang lebih dikenal dengan julukannya Kampus Hijau ini telah menerbitkan lebih dari sembilan kali edisi jurnal cetak sampai pada tahun 2017. Seiring dengan perkembangan tekhnologi dan tuntutan dalam dunia ilmu pengetahuan pada akhir tahun 2017, STKIP Al-Amin Dompu mulai mengembangkan terbitan berkala tersebut berbasis elektronik. Meskipun terbilang lamban dalam dunia jurnal terbitan elektronik, namun dapat dipastikan bahwa jurnal Nuansa dan Jurnal Al-Jabar merupakan jurnal elektronik pertama di wilayah Kabupaten Dompu.

  1. Jurnal Nuansa

  2. Jurnal Al-Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *